[Kamus] Padma dan Padmasana

Di dalam puisi, sering kita jumpai kata Padma dan padmasana. Artinya memang tergolong indah dan puitis, sehingga banyak penyair menggunakannya. Tak terkecuali M. Yamin di dalam puisinya, kemegahan.

Karena itu, sekarang kami akan membahas sedikit mengenai arti kata Padma dan Padmasana. Sebuah kata indah dan memukau yang memang layak untuk dipilih sebagai penerus rangkaian kata-kata indah di dalam sajak.

Padma adalah 1 bunga teratai, bunga seroja; Nelumbo nucifera; 2 tumbuhan langka yg tidak berbatang atau berdaun, bunganya cokelat kemerah-merahan, berukuran besar yg kelihatan spt tiba-tiba muncul pd batang tumbuhan melilit yg diparasitinya; Rafflesia patma

Padmasana adalah 1 takhta; singgasana; kursi kerajaan; 2 bangunan dl pura (Bali) untuk tempat bersembahyang: warga desa itu sedang membangun –; 3 Ark tempat duduk yg berupa bunga teratai; 4 Ark sikap duduk dng cara menyilangkan kedua kaki di atas paha (bersila)

Jadi baik padma maupun padmasana memang cukup mirip. Namun Padmasana lebih ke dalam kehidupan glamor dan sikap seorang raja, sedangkan padma lebih kepada tumbuhan itu sendiri. Namun pada dasarnya, keduanya merupakan perlambangan dari bunga teratai itu sendiri.

Inilah pengertian dari Padma dan Padmasana, semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>