Karya Sastra ini Mampu Memberikan Inspirasi Para Tokoh Dunia

Selama ini, mungkin karya sastra lebih identik dengan dunia imajiner yang dipandang sebelah mata dalam konteks teknologi dan kehidupan praktis manusia. Pasalnya, dengan tulisan-tulisan yang seakan jauh dari kenyataan, orang akan menganggap bahwa karya sastra hanyalah permainan di dunia penulis semata. Tidak ada aplikasi yang nyata dari karya sastra.

Kenyataannya, banyak tokoh dunia yang justru berhasil mencapai posisinya sekarang, berkat kecintaan pada sastra. Waktu sudah membuktikan, bahwa karya sastra adalah sebuah stimulan yang kuat untuk kemajuan pikiran manusia sampai abad ini. Dari pakar teknologi software sampai hardware, yang secara singkat pasti jauh sekali dari yang namanya karya sastra, semua memiliki daftar buku sastra favoritnya.

Berikut adalah 3 contoh dari ratusan contoh yang ada di dunia.

1. Kumpulan Puisi Dylan Thomas yang dibaca oleh Steve Jobs

Sebagai seorang legenda dalam dunia teknologi modern, siapa sangka bahwa Steve Jobs ternyata sangat menggemari karya sastra?

Jobs yang merupakan tokoh revolusioner dibalik industri musik masa kini, sekaligus seorang yang berpengaruh besar dalam dunia telepon genggam saat ini, ternyata memiliki daftar buku favorit yang terdiri dari banyak karya sastra.

Salah satunya adalah Puisi Dylan Thomas ini. Puisi revolusioner pada zamannya yang mencoba lepas dari pakem-pakem puisi masa itu. Puisi Dylan ini disebut-sebut sangat seirama dengan pribadi Jobs yang senang bereksperimen dan mencoba berbagai hal baru.

2. The Diceman Karya Luke Rhinehart yang dibaca oleh Richard Branson

Richard Branson adalah milyarder asal Amerika dengan berbagai lini usahanya yang raksasa. Salah satunya (tapi bukan satu-satunya) adalah Virgin Airlines.

Tak disangka, dengan kesibukannya mengelola berbagai usahanya yang bernilai milyaran dollar itu, Branson tetap menyempatkan diri membaca karya sastra yang ditulis oleh para novelis dunia. Salah satunya adalah The Diceman.

Bahkan, Branson tak segan mengakui bahwa pribadinya saat ini sangat dipengaruhi oleh novel ini. Ceritanya yang misterius dan penuh dengan twist tak terduga, telah menimbulkan kepercayaan diri dari Branson dalam mengambil keputusan strategis di bisnisnya.

3. Mengelilingi Dunia Dalam 80 Hari karya Jules Verne yang dibaca oleh BJ. Habibie

Habibie, siapa tak kenal beliau? Tokoh yang disebut-sebut memiliki IQ tertinggi dalam sejarah umat manusia ini adalah warga negara kebanggaan Indonesia. Puluhan hak patennya yang telah digunakan dalam berbagai teknologi transportasi di seluruh dunia adalah buktinya.

Tapi, siapa sangka bahwa buku pertama yang dibacanya (kegiatan yang tentu saja membuat dia jadi sepintar sekarang) adalah sebuah karya sastra dari sastrawan asal Prancis yang berjudul 80 Hari Mengelilingi Dunia?

Ya, karya sastra ini menjadi awal dari jawaban-jawaban Habibie atas semua pertanyaan hidup yang pernah menyertainya. Pada kenyataannya, karya sastra-lah gerbang dari Habibie untuk kemudian memberikan perbedaan kepada dunia.

Itulah tadi 3 contoh karya sastra yang menjadi inspirasi para tokoh dunia. Jadi, kamu tak perlu malu jika sekarang kamu cuma bisa membaca karya sastra. Karena toh, karya sastra sudah terbukti memberikan ilham untuk para tokoh dunia, bukan?

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Karya Sastra ini Mampu Memberikan Inspirasi Para Tokoh Dunia

  1. wah inspirasi dalam inspirasiii! inspiratif sekalii, makasih infonya. salam hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>