Menikmati Sastra Online – Annida Online

Merupakan lanjutan dari tulisan Menikmati Sastra Online – Cerpen Kompas.

3. Annida-Online

Annida online hampir sama seperti Horison kaki langit. Yaitu sebuah majalah yang bermetamorfosis menjadi majalah online. Hal ini memang terkait dengan kecenderungan masyarakat yang sudah semakin memilih membaca secara digital dibanding secara fisik. Pihak Annida sendiri memang sempat mengakui, bahwa Annida Online merupakan bisnis banting setir mereka dari sulitnya persaingan di dunia media cetak sekarang ini.

Annida adalah majalah islami untuk anak muda yang dulu bersinar terang di tahun 2004-an. Majalah ini sempat membuat dunia sastra islam booming sampai level nasional. Berkat majalah ini, berbagai kisah fiksi islami bermunculan dengan indahnya. Sastrawan-sastrawan bernafaskan islam berdatangan membanjiri dunia sastra Indonesia. Pada waktu itu, sastra islami merupakan sebuah terobosan dan warna baru di dalam dunia sastra. Dan bisa dibilang, kemunculan mereka menjadi sebuah kemajuan tersendiri bagi dunia sastra.

Saat ini, situs Annida memiliki fitur dan rubrik yang hampir sama dengan versi majalah fisiknya dahulu. Cerpen, cerbung, cerpen humor, dan cermin, masih menjadi kekuatan utama dari situs ini. Beberapa waktu yang lalu, Annida juga sempat launching forumnya yang bernamakan Kafe Nida. Hal ini menunjukan keseriusan dari pihak manajemen untuk bergelut di dunia online. Dan mungkin, memang tujuan utama dari majalah Annida ini bukanlah untuk bisnis, tapi sebagai media dakwan dan pemberi inspirasi anak-anak muda islam di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Bersambung ke tulisan berikutnya.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>