Menikmati Sastra Online – Cerpen Kompas

Merupakan artikel lanjutan dari Menikmati Sastra Online – Horison Kaki Langit

2. Kumpulan Cerpen Kompas

Siapa yang tak kenal dengan Koran Kompas? Kompas merupakan salah satu media cetak paling besar yang ada di Indonesia. Dengan semangat pluralismenya yang kuat, Kompas merupakan media dengan bahasa yang paling disukai oleh banyak orang Indonesia.

Cerpen yang masuk ke dalam Kompas pun tidak tanggung-tanggung kualitasnya. Bukan sembarang sastrawan yang bisa masuk ke dalamnya. Diperlukan ilmu dan kecintaan yang dalam akan dunia sastra untuk dapat menuliskan cerita yang pantas masuk ke dalam Koran Kompas. Karena itulah, cerita pendek yang masuk ke dalam koran Kompas, sudah bisa dipastikan memiliki kualitas tingkat nasional.

Uniknya, di dalam dunia online, kita dapat menikmati cerpen-cerpen pilihan itu secara gratis. Ada sebuah situs yang menyediakan cerpen-cerpen itu dalam wujud digital sehingga kita dapat menikmatinya dengan bebas. Situs itu adalah wwww.cerpenkompas.wordpress.com.

Situs gratisan dengan platform wordpress ini menamakan penulisnya dengan sebutan ‘tukang kliping’ dan menuliskan hampir semua cerita pendek yang pernah di muat di dalam koran Kompas, dari tahun 2003!

Entah bagaimana cara si ‘tukang kliping’ ini menuliskan kumpulan cerita yang syarat akan makna itu dalam sebuah tulisan di dalam blog. Mungkin beliau menyalin secara manual, atau mungkin cara lain lagi. Yang jelas, kita dapat menikmatinya dengan nyaman, hampir tidak ada typo (salah ketik), dan dengan desain layout yang menarik.

Yang juga menarik, situs ini bebas dari iklan. Mungkin karena platformnya adalah wordpress gratisan yang memang tidak memperbolehkan usernya untuk menempelkan iklan di situsnya. Yang jelas, hal ini menguntungkan kita sebagai pembaca.

Popularitas situs ini pun tidak main-main. Sekali posting, rata-rata puluhan komen sudah siap untuk mendiskusikan Cerita Pendek yang memang berkualitas ini.

Silahkan menikmati cerpen-cerpen Kompas itu di www.cerpenkompas.wordpress.com!

Bersambung ke bagian selanjutnya.

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Menikmati Sastra Online – Cerpen Kompas

  1. juliadi says:

    permisi.., 5f sebelumnya. saya membutuhkan kumpulan cerpen kompas yang terbit tahun 2013., ada filenya bg? terimakasih.

    • Pengembara Mimpi says:

      Mohon maaf mas Juliadi, kami tidak memiliki filenya. Mungkin bisa mencari di toko buku, siapa tahu Kompas Gramedia menerbitkan kliping cerpen itu dalam bentuk buku. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>