Menikmati Sastra Online – Horison Kaki Langit

Bagaimana pendapat anda mengenai dunia digital dan online yang semakin maju dan menyentuh hampir semua aspek dalam kehidupan manusia? Tentu saja, dunia sastra pun terkena imbasnya. Bahasa Sastra yang terkesan panjang, bertele-tele, dan penuh makna tersirat, kadang terkesampingkan oleh kejar-kejaran informasi yang terbatasi oleh waktu di dalam dunia digital. Berbagai situs di dunia maya yang bermunculan, mulai meninggalkan yang namanya kalimat panjang penuh informasi, dan digantikan oleh kalimat pendek yang padat. Sebut saja twitter dengan keterbatasan karakternya, yang justru menjadi kekuatan terbesarnya. Hal itu menegaskan bahwa cara manusia membaca informasi sudah berbeda. Tidak lagi berorientasi penuh pada kata-kata panjang mendetail, namun cukup pada beberapa kata sederhana yang sarat informasi. Waktu yang sempit, itulah yang menjadi alasan utama perpindahan orientasi ini.

Namun apakah hal itu lantas membuat dunia sastra sudah kehilangan dunianya? Apakah hal itu menjadikan sastra menjadi sebuah benda asing di dalam dunia maya? Ternyata tidak. Sastra masih mendapatkan tempat tersendiri di dunia maya. Menjadi salah satu alasan dari orang-orang yang tidak bekerjaran dengan waktu untuk mendatangi dunia maya. Menikmati alunan kata yang terangkai dalam alur yang yang berjalan indah. Sastra, masih menjadi ‘sesuatu’ di dalam dunia ini.

Hal ini terlihat dari sepak terjang situs-situs dengan basis sastra yang kuat. Di mana mereka menjadikan sastra sebagai urat nadi kehidupan situs itu. Menjadikan sastra sebagai protagonis yang menjembatani antara penulis dan pembaca.

Ada banyak situs dengan platform dasarnya adalah sastra. Beberapa diantaranya yang menarik minat penulis adalah situs-situs berikut:

1. Horison

Sebagai majalah sastra paling monumental di Indonesia, Horison tidak berdiam diri melihat perkembangan dunia aksara yang ada. Hal ini terlihat dari kemauan mereka memasuki dunia online.

Situs horison sendiri (www.horisononline.or.id) merupakan situs yang cukup menarik. Berbagai konten segar soal sastra ada di sana. Mulai dari cerpen, esai, puisi, dan berbagai diskusi sastra pun dihadirkan di situs berperingkat duajutaan menurut Alexa itu.

Dari situs inilah kita masih dapat menikmati sastra secara utuh di dunia maya. Namun sayangnya, tampilan situs Horison ini masih jauh dari kata sempurna. Hal ini berlaku, terutama pada fontnya yang terlalu kecil dan rapat. Untuk membaca tulisan sastra  yang berat, panjang, dan penuh makna tersirat dalam setiap katanya, tentu struktur desain dan layout yang mudah dibaca adalah hal yang penting. Sayangnya, situs ini, menurut penulis, belum memberikan tampilan yang diharapkan.

Untungnya, horison memberikan pilihan untuk dapat membaca karya sastra hebat mereka melalui format pdf. hal itu jelas sangat membantu sekali.

Jika anda seorang penikmat sastra sejati, maka tidak bisa tidak, situs ini harus anda jelajahi dan temukan makna hebatnya.

Bersambung ke bagian ke dua.

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Menikmati Sastra Online – Horison Kaki Langit

  1. abdul mukmmin says:

    Like it very much

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>