Mulai Saat ini, Tanggal 3 Juli Ditetapkan Sebagai Hari Sastra Indonesia

Budaya sastra Indonesia yang sudah melegenda ratusan tahun, sampai kemarin masih belum ada hari khusus yang didedikasikan untuk mengenangnya. Padahal, sebelum bangsa ini muncul pun, dunia sastra sudah memberikan sumbangsihnya yang jelas untuk kemerdekaan. Jika masih ragu, tengok saja puisi indah dan bergelora dari Muhammad Yamin yang berjudul Tanah Air. Jadi, sastra adalah embrio bahasa yang kita nikmati saat ini keindahannya.

Taufik Ismail, seorang legenda sastra Indonesia, yang tentu kita kenal, merasakan pula kegelisahan akan hal itu. Karena itulah, beliau bersama dengan Panitia Kecil Persiapan Maklumat Hari Sastra Indonesia, menggagas untuk menetapkan Hari Sastra Indonesia yang diperingati secara nasional. Akhirnya, panitia menetapkan bahwa tanggal 3 Juli adalah hari Sastra Indonesia.

Mengapa tanggal ini dipilih? Tanggal ini adalah hari lahir dari Abdoel Moeis, sastrawan, sekaligus pejuang nasional yang turut serta membebaskan negeri ini dari penjajahan. Beliau bahkan termasuk dalam jajaran orang-orang pertama yang mendapatkan gelar pahlawan nasional yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno.

Abdoel Moeis adalah legenda sastra Indonesia. Karya fenomenalnya yang masih menjadi inspirasi banyak sastrawan masa kini, adalah Salah Asuhan. Sebuah novel yang menggugah jiwa yang membacanya.

Sedikit membahas mengenai data diri dari Abdoel Moeis, beliau lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada 3 Juli 1883, dan beliau meninggal pada 17 Juni 1959 di Bandung, Jawa Barat. Abdoel Moeis merupakan salah satu pemuda yang dengan gagah berdiri melawan Pemerintahan kolonial. Bersama Ki Hadjar Dewantara, beliau mendirikan gerakan Bumiputera yang sangat keras terhadap pemerintahan kolonial.

3 Juli adalah hari lahirnya seorang pahlawan sastra Indonesia.

3 Juli adalah hari sastra Indonesia yang mengajak kita untuk menghormati dan merayakan sastra setiap tahunnya.

Selamat merayakat hari sastra nasional! Sahabat!

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>