Obyektivitas Atau Objektivitas? (Arti Kata)

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kata mana yang benar: Obyektivtas atau Objektivitas. Ini penting, karena kita sering kali salah dalam memilihnya. Dua kata itu memang cukup dekat penggunaannya, dan pernah berganti. Kata baku yang berlaku sekarang, merupakan hasil konsensus yang berubah dibanding zaman dulu.

Lalu, kata manakah yang benar dan baku sekarang? Mari kita tilik dari KBBI. Dan dari KBBI, kita akan mengetahui bahwa kata yang merupakan kata baku adalah kata objektivitas. Ya, dengan huruf ‘J’ di tengahnya, bukan huruf ‘Y’.

Lalu apa arti kata dari Objektivitas? Sekali lagi, mari kita simak pengertiannya menurut KBBI. Dan inilah arti kata Objektivitas menurut KBBI:

ob·jek·ti·vi·tas /objéktivitas/ n sikap jujur, tidak dipengaruhi pendapat dan pertimbangan pribadi atau golongan dl mengambil putusan atau tindakan; keobjektifan

Sebagai bonus tambahan, kami akan memberikan arti kata dari objektivitas, yaitu Objektif yang ternyata memiliki dua jenis pengertian. Inilah arti kata objektif menurut KBBI:

ob·jek·tif [1] /objéktif/ a mengenai keadaan yg sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi

ob·jek·tif [2] /objéktif/ n Fis kanta (lensa) pd peralatan optis yg terletak paling dekat dng benda yg diamati

Sekali lagi kata yang baku adalah objektivitas dan objektif, bukan obyektivitas ataupun obyektif.

Kata ini objektivitas sendiri pernah digunakan oleh WS Rendra dalam karya tulisnya yang berjudul Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I.

Demikian pembahasan kami mengenai arti kata objektivitas, semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>