Pocut Muhammad (Sastra Daerah Aceh)

Sastra daerah Aceh yang berbahasa Aceh banyak sekali terdapat dalam naskah-naskah lama yang bertuliskan dengan huruf Aceh. Naskah-naskah itu ada yang sudah ditransliterasikan, ada pula yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Naskah yang menjadi sumber saduran dalam tulisan ini adalah hasil transkripsi yang dilakukan oleh Ramli Harun, yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1981.

Kisah Pocut Muhammad ditulis dengan menggunakan huruf Jawi dalam bahasa Aceh. Bentuknya seperti syair dengan empat baris tiap bait.

Cerita Pocut Muhammad memperlihatkan bagaimana perjuangan Pocut Muhammad dalam menyelamatkan kerajaan Aceh yang bakal hancur. Berbagai kegiatan penyelamatannya dilakukan. Rongrongan bajak laut dapat diatasinya. Peperangan yang dilakukan terhadap orang yang hendak menghancurkan kerajaan itu ditanganinya dengan baik. Ketidaksetujuannya dengan Raja Muda membuat tindakan yang mengarah pada tindakan diri sendiri dengan berbagai risiko. Akhirnya tindakan untuk menyelamatkan Kerajaan Aceh dan ancaman kehancuran itu dapat diselesaikannya dengan amat sempurna.

Cerita Pocut Muhammad merupakan cerita yang mempunyai nilai-nilai moral yang tinggi. Nilai sosial dan nilai demokrasi untuk kebersamaan terlihat dengan jelas. Nilai hukum yang menjadi nilai tertinggi dalam cerita ini dapat dipandang sebagai nilai yang luhur untuk seluruh jajawan kehidupan.

Beberapa fungsi cerita dapat kita sebutkan sebagai berikut.

  1. Sebagai alat didik bagi anak-anak dan orang dewasa tentang nilai-nilai yang ada, seperti nilai moral, nilai hukum, dan nilai sosial-budaya nasional Indonesia.
  2. Sebagai alat untuk melihat dari dekat berbagai pranata budaya yang ada di Aceh sehingga barangkali ada manfaatnya dan usaha membangun manusia Indonesia yang mempunyai tenggang rasa.
  3. Berbagai klimaks dan ketegangan dalam cerita ini dapat dijadikan hiburan yang membawa kita ke alam yang sudah lewat.

Jika anda tertarik untuk membaca kisah mengenai Pocut Muhammad ini, Anda akan mendapatkannya di buku Antologi Sastra Daerah Nusantara. Dapatkan di toko buku terdekat.

 

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>