Putri Gading Cempaka, Sastra Daerah Bengkulu

Di Indonesia ada banyak sekali karya sastra dalam daerah yang diketahui masyarakat. Salah satu karya sastra yang menyejukkan hati ini adalah sastra daerah Bengkulu. Tulisan kali ini akan membahas sedikit mengenai Putri Gading Cempaka, salah satu karya sastra dari Bengkulu.

Sastra Daerah Bengkulu yang dipaparkan di dalam kesempatan ini diber judul “Putri Gading Cempaka”. Cerita ini berasal dari naskah yang berjudul Cerita “Putri Gading Cempaka” yang telah diterbitkan oleh Proyek Pembangunan Media Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta dengan judul, “Tambo Kejai”. Bagian yang memuat cerita tersebut terdapat pada artikel yang berjudul “Asal Nama dan Keturunan Penduduk Bengkulu”, disusun oleh M. Ikram, B.A.

Teks “Putri Gading Cempaka” berfungsi sebagai teks yang dapat dijadikan salah satu sumber sejarah asal mula Bengkulu. Raja Agung putra dar Raja Mawang memerintah Bengkulu. Raja Agung digantikan oleh anaknya, yaitu Anak Dalam Muara Bengkulu. Kemudian, Anak Dalam digantikan oleh Maharaja Sakti. Di sini, kita menyaksikan bagaimana Kerajaan Sungai Serut diganti oleh Kerajaan Sungai Limau. Dengan menikahnya Putri Gading Cempaka dengan Maharaja Sakti, Kerajaan Anak Dalam tidak berjaya lagi. Kerajaan berpindah kepada Maharaja Sakti. Setelah Maharaja Sakti wafat, pemerintahan dipegang oleh anaknya yang bernama Aria Bago. Secara berturut-turut raja sesudah itu adalah Aria Kaduk, Aria Lemadin, Balai Buntar, Baginda Sebayan, Baginda Senanak (paduka Baginda Muda), Baginda Kembang Ayun, Baginda Burung Pinang, Baginda Suka Bela, Depati Bangun Negara, Depati Bangsa Raja, Pangeran Mangku Raja, Pangeran Muhammad Syah, Tuanku Pangeran Lenggang Alam, dan Putu Negara. Sejak itu, Bengkulu sudah tak terdengar lagi karena penjajah sudah mulai menanamkan kukunya di Nusantara, termasuk Bengkulu.

Untuk membaca kisah dari Putri Gading Cempaka ini secara lengkap dalam bahasa Indonesia yang mudah kita pahami, silahkan langsung membel buku Antologi sastra daerah.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Sastra and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>