Raja Dangol Halungunan (Sastra Daerah Batak)

Cerita “Raja Dangol Halungunan” adalah sebuah cerita daerah Batak. Cerita ini tampaknya berasal dari naskah Batak yang diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda. Dalam naskah bahasa Belanda itu tertulis judul asli naskah: Raja Dangol Halunungan Dohot Nan Sillak Mata Ni Ari. Di bawah terjemahan dalam bahasa Belanda tersebut tertulis nama orang, yaitu “Tristian en Isolde”. Apakah nama ini merupakan nama orang yang menerjemahkannnya ke dalam bahasa Belanda atau nama penulis naskah asli, tidak begitu jelas.

Dari Bahasa Belanda cerita ini diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Batak Toba oleh Sergius Hutagalung. Naskah terjemahan Sergius Hutagalung ini berangka tahun 1932 yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, Batavia-Centrum dengan judul yang sama, yaitu Raja Dangol Halungunan Dohot Nan Sillak Mata Ni Ari. Setelah itu, naskah dari bahasa Batak Toba tersebut diterjemahkan oleh S.R.H Sitanggang ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Raja Dangol Halungunan dan Putri Nan Sillak Mata Ni Ari”. Hasil terjemahan itu masih berada dalam bentuk naskah dan belum diterbitkan menjadi buku.

Cerita ini berisi tentang bagaimana keperkasaan seorang hulu balang yang harus mengabdi kepada raja dan keluarga. Isinya mengajarkan kepada pembaca tentang nilai moral seorang anak, nilai moral seorang hulubalang, nilai moral seorang utusan. Di dalamnya juga sarat dengan pesan moral tentang bagaimana seseorang dapat hancur berantakan jika unsur sihir, guna-guna, dan pekasih telah melanda dunia kehidupan manusia. Kehidupan bisa berubah penderitaan yang berkepanjangan apalagi kalau ilmu tersebut tidak digunakan pada tempatnya.

Jika anda tertarik untuk membaca kisah mengenai Raja Dangol Halunungan ini, Anda akan mendapatkannya di buku Antologi Sastra Daerah Nusantara. Dapatkan di toko buku terdekat.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>