Stephenie Meyer: Penulis Kisah Vampir Paling Sukses di Tahun 2000-an

Anda pernah melihat film Twilight? Film terkenal tentangĀ  kisah cinta vampir laki-laki dengan gadis ABG yang penuh friksi dan misteri itu? Mungkin sudah banyak yang tahu, bahwa film itu merupakan adaptasi dari novel dengan judul serupa yang ditulis oleh orang ini: Stephenie Meyer.

Stephenie Meyer merupakan salah satu penulis paling sukses di zaman modern ini. Dalam hal penjualan buku, bisa dibilang Meyer tidak kalah sukses dibanding J.K Rowling, penulis serial Harry Potter yang melegenda.

Karya Meyer sendiri tidak berhenti hanya pada serial Twilight Breaking Dawn. Dia sempat berencana membuat novel dengan cerita dan latar yang sama dengan Twilight, tapi kali ini dengan sudut pandang dari Edward Cullen (pada serial Twilight, Meyer menggunakan sudut pandang Bella Swann sebagai sudut pandang orang pertama). Judul yang digunakan adalah Midnight Sun. Namun, baru beberapa chapter dia menulisnya, tiba-tiba bocoran dari naskah itu sudah ada di Internet. Dikarenakan hal itu, Meyer memutuskan untuk menunda kelanjutan novel itu sampai waktu yang belum ditentukan.

Selain bereksplorasi melalui dunia Vampir, Meyer juga menulis cerita tentang alien. Kisah itu diwujudkannya dalam judul The Host. Novel yang ditulisnya itu sudah diadaptasi juga ke dalam film pada tahun 2013 ini.

Meyer memang seorang penulis terkenal di zaman modern ini, namun bukan berarti dia lepas dari kritikan. Dia seringkali dikritik oleh orang-orang yang tidak senang dengan karyanya. Salah satunya, dia dituduh seorang anti feminist. Pandangan itu didapatnya, karena dia menempatkan Bella Swann sebagai wanita lemah yang seluruh hidupnya tergantung pada Edward Cullen. Meyer membantahnya, dengan beranggapan bahwa semua yang dialami oleh Bella adalah hasil dari pilihannya sendiri. Bella tidak membiarkan Edward memutuskan apa yang terbaik baginya, namun sebaliknya, Bella-lah yang meminta untuk menjadi vampir.

Terlepas dari segala kritik yang menimpanya, kita tidak bisa memungkiri bahwa Stephenie Meyer adalah seorang jenius fiksi di masa ini. Meyer merupakan penulis yang berpengaruh pada sastra dunia di abad ini. Bahkan, mungkin pengaruh dari Meyer juga mempengaruhi sastra Indonesia, mengingat banyak penulis di Indonesia yang juga mengidolakan Meyer.

This entry was posted in Tokoh and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>