Steve Jobs, Seniman Teknologi yang Mengubah Dunia

Kita  semua tentu tahu Steve Jobs bukan? Ya, dia memang lebih terkenal sebagai seorang inovator bidang teknologi dan salah satu orang yang berpengaruh dalam dunia Personal Computer (PC). Dia memang menjadi seorang bilyuner yang meraih kesuksesan lewat menjual berbagai macam gadget di Apple. Beberapa karya besarnya adalah komputer PC legendaris yang bernama Macintosh, iPod, iPhone, iPad, dan iTunes. Sebagai seorang CEO di Apple dia memang sukses. Namun, dia tidak akan meraih kesuksesan itu tanpa sentuhan seniman yang dimilikinya.

Produk-produk Jobs memang berpusat pada teknologi dan kecanggihannya. Namun ada satu hal yang membuatnya berbeda dari para pesaingnya, yaitu perhatiannya pada keindahan visual produk-produknya.

Jobs bukanlah seorang ahli komputer sejati yang sangat paham tentang berbagai macam bahasa pemrograman. Selama mengepalai berbagai proyek di Apple, dia lebih fokus pada User Interface (bagaimana tampilan produknya di hadapan para pemakai komputer) dan desain perangkat kerasnya. Terbukti, produk-produk Apple menjadi salah satu produk yang menekankan pada keindahan tampilan dan estetika. Dengan bentuk indahnya itu, menjadi modal Apple untuk memosisikan dirinya sebagai brand premium berharga mahal.

Jobs adalah seorang perfeksionis di bidang teknologi. Sebelum meluncurkan produknya, dia akan memastikan bentuk dan kemudahan produk itu sampai pada titik terkecil. Tak terkecuali pada hal yang sangat kecil seperti sekrup dan satu bentuk tombol.

Jobs juga menaruh perhatian besar pada dunia aksara. Jobs yang DO waktu kuliah, memutuskan tetap mengikuti kegiatan perkuliahan 18 bulan setelah dia DO. Salah satu mata kuliah yang diikutinya adalah tentang kaligrafi. Dan dalam sebuah pidatonya, dia berujar bahwa jika dia tidak mengikuti perkuliahan itu, mungkin sekarang kita tidak akan mendapati huruf dan susunannya yang terlihat rapi di MAC. Dan karena Windows pada dasarnya menyalin MAC di awal, maka mungkin bisa kita katakan kalau Jobs tidak mengikuti perkuliahan itu, huruf di komputer di seluruh dunia tidak akan sebaik sekarang.

Jadi, jika sekarang kita bisa membaca berbagai macam karya sastra di dalam komputer kita (PC, Gadget, dll) itu semua sedikit banyak adalah karena Steve Jobs. Dialah seniman yang membuat teknologi menjadi sahabat baik bagi dunia sastra saat ini.

This entry was posted in Tokoh and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>