Kumpulan Peribahasa Terkenal Indonesia (dan maknanya) Bagian 3

Sekali lagi, ini adalah bagian dari seri kumpulan peribahasa terkenal Indonesia (dan maknanya) yang terdiri dari bagian 1 dan bagian 2. Peribahasa di bawah melanjutkan beberapa peribahasa yang sudah kita tulis sebelumnya. Harapan kami, semoga anda dapat menemukan peribahasa yang anda cari dari 3 artikel tentang peribahasa kami.

Dan inilah lanjutan kumpulan peribahasa terkenal di Indonesia (dan maknanya): Continue reading

Posted in Sastra | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Nama 3 Pemain Sepakbola yang Menjadi Kosakata dalam Bahasa Negaranya

Anggaplah kami juga terkena demam sepakbola yang menjangkit seluruh dunia saat ini. Sehingga kemudian kami membuat tulisan ini. Tulisan yang menggabungkan antara unsur sepakbola dengan unsur bahasa. Meskipun, secara khusus, bahasa yang kita bicarakan di sini bukanlah bahasa Indonesia.

Tulisan kali ini akan membahas tentang nama 3 orang pemain yang menjadi kosakata tersendir di dalam bahasa suatu negara. Bayangkan betapa besarnya pengaruh pemain tersebut, sehingga dia bisa menjadi sebuah kosakata tersendiri? Mungkin, sepakbola jauh lebih besar pengaruhnya dalam kehidupan ini, dibanding yang kita ketahui sebelumnya.

Oke, langsung saja, siapakah nama ketiga orang tersebut? Continue reading

Posted in Bahasa | Tagged , , , , | Leave a comment

Sajak Seonggok Jagung dari WS Rendra

Puisi Rendra memang selalu terasa dekat dan tidak asing. Dalam setiap pilihan katanya yang sangat terencana, terdapat makna yang begitu dalam. Setidaknya, itulah yang dapat kita lihat pada puisinya yang berjudul sajak seonggok jagung ini.

Di dalam Sajak Seonggok Jagung, Rendra memperlihatkan realita, yang mungkin saja pernah dialami oleh banyak orang. Ketika seorang pemuda merasa kasihan pada dirinya sendiri, dan di lain pihak, pendidikan justru menjadi alasan kehancuran seorang yang terdidik.

Di dalam puisi ini, WS. Rendra memperlihatkan poin yang amat tepat: tentang seorang terdidik yang kikuk ketika kembali ke desanya.

Sahabat, inilah, Sajak Seonggok Jagung untuk kamu: Continue reading

Posted in Puisi | Tagged , , , , | Leave a comment

Lomba Menulis dari POS Indonesia (DL 1 Agustus 2014

POS Indonesia sebagai sebuah perusahaan BUMN yang akhir-akhir ini terus menggeliat dan menolak untuk menyerah, membuat sebuah gebrakan baru. Ya, kali ini, sekali lagi bekerja sama dengan media ternama Indonesia: Repbulika, POS Indonesia mengadakan lomba yang akan menarik untuk para pecinta bahasa ikuti.

Lomba apakah itu? Mari kita simak informasinya lengkapnya: Continue reading

Posted in Bahasa | Tagged , , | Leave a comment

Bosan Jadi Jomblo

Gimana sih rasanya pacaran?

Itulah pertanyaan yang sering dateng ke pikiran gue. Bukan masalah apa-apa sih, gue Cuma penasaran aja. Karena selama 20 tahunan lebih gue hidup di dunia ini, gue gak pernah ngerasain yang namanya pacaran. Gue bener-bener buta sama yang namanya pacaran. Bagi gue pacaran itu sama aja dengan naik badak terbang lagi mabuk. Sama-sama belum pernah gue alamin.

Sebenarnya gue bukannya orang alim yang berprinsip gak mau pacaran. Gue juga bukan orang ambisius yang setiap harinya Cuma mikirin belajar, kerja, dan masa depan. Gue Cuma.. gak laku. Yah, sedih sih, tapi emang itu satu-satunya ungkapan yang bisa menggambarkan keadaan gue sekarang. Continue reading

Posted in Cerpen | Tagged , , , , | Leave a comment